RSS

Komputer Sarana bagi Pekerja Ekonomi

24 Mar

Perkembangan Teknologi canggih yang sangat pesat, menuntut manusia (pekerja) untuk bisa menggunakan computer sebagai sarana mempermudah dan mempercepat proses pengerjaan tugas tertentu dengan volume pekerjaan yang lebih banyak bila dibandingkan secara manual. Selain sebagai sarana mempermudah proses pengerjaan, computer juga bisa digunakan sebagai alat komunikasi bahkan hiburan. Banyaknya manfaat penggunaan computer, sudah diterapkan dari ruang lingkup pekerjaan yang kecil seperti fasilitas pengambilan tiket parkir, sampai ruang lingkup yang besar seperti Pesiden yang menggunakan computer sebagai salah satu sarana menjalankan tugasnya sebagai Kepala Negara.Termasuk pekerja di bidang Ekonomi yang membutuhkan computer sebagai sarana pembantu proses pekerjaannya.

Pekerjaan di bidang Ekonomi tidak bisa lepas dari, mencari data di internet dan saling bertukar informasi secara efektif dan efisien tanpa menggunakan computer. Contohnya, pekerja Ekonomi Manajemen yang akan membuat Laporan Perencanaan Perusahaan Jangka Panjang, memerlukan informasi yang dapat diambil dari internet, lalu dituangkan dalam bentuk laporan dengan menggunakan Ms.Word dan dapat dipresentasikan dengan menggunakan Ms.PowerPoint. Selain itu, dalam proses pengerjaannya manipulasi data dapat dengan mudah dilakukan (edit) tanpa harus mengulang dari awal, data yang dibuat dapat disimpan, dibuka dan dikerjakan (dilanjutkan) kapansaja. Pekerja Ekonomi Akuntansi atau seorang Accounting dalam membuat Laporan Keuangan, dapat menggunakan aplikasi seperti MYOB sebagai sarana pengerjaan proses dari siklus akuntansi yang memerlukan waktu yang lama jika dikerjakan secara manual. Selain mempersingkat waktu, proses siklus akuntansi yang erat kaitannya dengan perhitungan juga membuat ketelitian dan perhitungan tersebut lebih akurat untuk meminimalisir kesalahan perhitungan manusia atau human error.

Banyak manfaat dari penggunaan canggihnya computer bagi pekerja di bidang Ekonomi maupun bidang-bidang lainnya. Selain dari efesiensi pengerjaan tugas tertentu itu sendiri, computer juga memberikan sarana untuk bertukar informasi tanpa mengenal jarak dan waktu, begitu pula hiburan seperti dapat mendengarkan lagu, menonton video, dan lain-lain.Bijaknya kita menggunakan computer hanya untuk yang memberikan manfaat dan tidak merugikan orang lain.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 24, 2013 in Pengantar Komputer dan TI

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: